Tingkatkan Kinerja Pegawai, LPP AIK UM Metro Genjot dengan Pelatihan Service Excellent Berbasis AIK

UM Metro menggelar pelatihan Service Excellence berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi Pegawai di lingkungan UM Metro (30/01). Sebanyak 100 orang pegawai mengikuti pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan layanan pelanggan dengan integrasi nilai-nilai Islam, seperti integritas, kejujuran, dan empati. Para peserta mendapatkan materi tentang bagaimana menerapkan prinsip-prinsip AIK dalam setiap aspek pekerjaan mereka untuk mencapai standar layanan yang lebih tinggi. Dengan pelatihan ini,
Pelatihan ini di gelar di Aula Gedung HI lantai 2 UM Metro dengan narasumber internal dan eksternal yaitu Dr. Nyoto Suseno, M.Si.selaku Rektor UM Metro, Dr. Mukhtar Hadi, M.Si. selaku BPH UM Metro, dan Ali Musyafa, S.Ag., M.M. selaku Kepala Sekolah SMP MU Ahmad Dahlan Metro.

Tujuan lain digelarnya pelatihan ini adalah memberikan layanan berbasis AIK di atas harapan target untuk mencapai hasil optimal di UM Metro; membangun kepercayaan dan kepuasan pelanggan; meningkatkan citra penyedia layanan dengan memberikan pelayanan terbaik, yang dapat mengurangi risiko tuntutan di masa depan dan bahkan mendapat rekomendasi dari pelanggan puas;
Rektor UM Metro dalam kesempatan ini memberi penguatan terkait Visi UM Metro yaitu nilai profetik dalam melayani pelanggan yang datang di UM Metro.

"Pelanggan UM Metro itu calon mahasiswa, mahasiswa dan masyarakat kampus, jadi harus dilayani dengan baik, ramah, senyum sapa, dan berikan pelayanan dengan baik hingga mahasiswa terlayani, karena jika sudah terlayani, mereka akan secara otomatis puas dan mengabarkan kepada keluarganya yang lain untuk kuliah di UM Metro" Tegas beliau.
Selain itu Dr. Mukhtar Hadi, M.Si, selaku Ketua BPH UM Metro memfokuskan kepada nilai-nilai kepribadian Muhammadiyah yang harus selalu dibawa dan dimunculkan tidak hanya didalam kampus tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mencerminkan kesholehan yang akan berdampak citra baiknya seorang Kader Muhammadiyah di masyarakat.

"Karena Bapak Ibu ini adalah pegawai di Muhammadiyah, jadi disamping memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan juga nilai-nilai bermuhammadiyahnya harus terus dibangun, melalui aktif ngaji di Ranting" Tambahnya
Selanjutnya pada pertemuan terakhir, materi disampaikan oleh Bapak Ali Musyafa, S.Ag., M.M, ialah seorang Kepala Sekolah SMP MU Ahmad Dahlan, profesional muda yang memberikan semangat dan penekanan pada filosofi pelayanan terbaik.
"Excellent service itu pekerjaan hati yang profesional, jadi yang harus ditata dahulu itu hatinya. ikhlas tidak bekerja di UM Metro ini, niat karena Allah apa tidak, kalau itu semua sudah dilalui dengan baik, insha Alloh akan timbul secara otomatis kualitas pelayanan yang baik" Jelas beliau.



Hingga berakhirnya kegiatan ini, pegawai UM Metro mendapat pengalaman baru bagaimana belajar menjadi seseorang yang melayani dengan ketulusan dan profesional.